S&P Law Office

Jenis Pajak Perusahaan yang Wajib Dibayarkan Berdasarkan UU

S&P Law Office - Artikel

Pajak merupakan pungutan wajib yang harus dibayarkan seluruh penduduk Indonesia dan dilakukan secara berkala. Pembayaran pajak dapat dibayarkan oleh individu maupun perusahaan. Berbicara mengenai pajak perusahaan, terdapat jenis pajak perusahaan yang harus dibayarkan.

Tetapi sebelum mengetahui hal tersebut, pernahkah bertanya untuk apa pajak dibayarkan? Terlebih pajak terdiri atas berbagai jenis dan sangat beragam. Perlu diketahui bahwa pajak dibayarkan sebagai bentuk kontribusi masyarakat untuk meningkatkan program kesejahteraan masyarakat. 

Selain itu, pajak dibayarkan sebagai bentuk apresiasi dari masyarakat kepada negara. Sehingga tidak mengherankan jika terdapat banyak pajak yang harus dibayarkan untuk bidang berbeda. Hal ini terjadi karena program kesejahteraan dibangun pada aspek berbeda pula.

Nah, setelah mengetahui pentingnya pajak, perusahaan juga wajib membayarkan pajak pada negara. Berikut merupakan jenis pajak perusahaan yang harus dibayarkan.

person using black computer keyboard

Pajak Penghasilan (PPh)

Pajak penghasilan atau PPh merupakan jenis pajak yang dibebankan pada penghasilan para wajib pajak. Pajak ini wajib dibayarkan baik oleh masyarakat dalam maupun dalam negeri. Beberapa penghasilan yang dikenakan pajak penghasilan berupa usaha, gaji, hadiah, honorarium, dan lain-lain.

Selain itu, banyak pasal yang mengatur terkait dengan pajak penghasilan pada kategori berbeda. Berikut merupakan beberapa jenis pajak penghasilan dan pasal yang mengaturnya.

Jenis Pajak Perusahaan PPh 21

Sudah umum diketahui bagi setiap karyawan bahwa ketika menerima gaji, terdapat potongan gaji sejumlah tertentu. Pemotongan gaji ini biasanya langsung dilakukan perusahaan karena setiap karyawan yang dikenakan PPh 21 atau Pajak Penghasilan Pasal 21.

Pajak ini dibayarkan setiap bulan. Selain itu, kebijakan setiap perusahaan bisa berbeda. Ada yang langsung memotong pajak dari gaji karyawannya atau karyawan yang membayar sendiri pajak tersebut.

Pajak Penghasilan 22

Pajak Penghasilan Pasal 22 dikenakan pada pelaku bisnis yang khusus pada kegiatan perdagangan. Perdagangan yang dimaksud spesifik pada jenis perdagangan ekspor-impor dimana kedua belah pihak dalam transaksi diuntungkan.

PPh 23

Pajak Penghasilan Pasal 23 dibayarkan ketika perusahaan melakukan pembagian royalti, dan pembagian keuntungan saham. Selain itu, transaksi berupa pembagian hadiah, penghargaan, bonus, dan pembayaran jasa juga dikenakan PPh 23. Terkait pembayaran jasa, hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 141/PMK.03/2015.

Jenis PPh Lainnya

black and silver pen on white paper

Adapun jenis PPh lain di antaranya:

  • PPh 26, pajak pembayaran gaji dan sejenis yang dibayarkan ketika penerima penghasilan merupakan WNA.
  • PPh 29, atau pajak kurang bayar. Pajak yang dibayarkan jika terutang tahunan perusahaan lebih besar dibandingkan kredit.
  • Pajak Penghasilan Pasal 15, pajak penghasilan bagi perusahaan tertentu, misalnya perusahaan asing.
  • Pajak Penghasilan Pasal 4 Ayat 2, pajak yang dikenakan pada tingkat penghasilan dengan persentase yang berbeda.

Jenis Pajak Perusahaan PPN

Jenis Pajak Perusahaan PPN singkatan dari Pajak Pertambahan Nilai seperti namanya merupakan jenis pajak yang wajib dibayarkan ketika terdapat perubahan nilai harga. Misalnya saja harga produk yang baru saja diproduksi perusahaan akan memiliki nilai berbeda dengan harga di pasaran. Untuk produk seperti ini akan dikenakan PPN.

Sekian informasi mengenai jenis pajak perusahaan yang perlu diketahui sebelum memulai bisnis. Pajak ini wajib untuk dibayarkan dan telah diatur dalam Undang-Undang. Sehingga pastikan untuk selalu membayar pajak. Dapatkan informasi lainnya mengenai perlindungan hukum, pembajakan, perundang-undangan dan konsultasi hukum di sini.

Post Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About S&P Law Office

S&P are passionate about helping our clients through some of their most challenging situations. We take a practical approach to your case, and talk with you like a real person. With each and every client, we aim to not only meet, but to exceed your expectations.

Recent Post

error: Content is protected !!