S&P Law Office

Kapan Legalitas Bisnis Perlu Diurus dan Mengapa Penting?

S&P Law Office - Artikel

Legalitas bisnis adalah hal yang sangat penting di dunia usaha. Namun, sekarang ini masih banyak startup yang memulai usahanya tanpa mengurus legalitas perusahaannya. Hal ini dapat menjadi kendala bagi bisnis Anda di kemudian harinya nanti.

Kapan legalitas perlu diurus? Jawabannya adalah sesegera mungkin karena untuk menghindari masalah-masalah yag mungkin akan datang pada bisnis yang Anda miliki.

legalitas bisnis

Photo by Mikhail Nilov

Alasan Perlu Mengurus Legalitas Usaha

Berikut beberapa alasan mengapa Anda perlu mengurus legalitas bisnis Anda:

1.       Identitas Usaha

Sama seperti KTP, legalitas usaha berfungsi sebagai identitas legal yang diakui oleh hukum.

2.       Perlindungan Hukum

Banyak usaha yang berjalan dengan mulus awalnya, akan tetapi tidak ada yang bisa menjamin kendala tidak menghampiri ke depannya. Dengan adanya dokumen legalitas, bisnis Anda akan mendapat perlindungan hukum yang akan memudahkan Anda apabila masalah yang tidak dikehendaki itu ternyata benar-benar menyampiri bisnis Anda di masa depan.

3.       Aset Pribadi Terlindungi

Dengan mendirikan badan hukum sebagai bagian dari legalitas perusahaan, Anda tidak perlu khawatir aset pribadi Anda akan tercampur dengan aset perusahaan. Hal ini ditakutkan jika terkait dengan hutang, maka aset pribadi Anda akan tetap aman. Karena sebagai badan hukum, PT merupakan suatu entitas terpisah yang memiliki liabilitas dan asetnya sendiri.

4.       Mengmbangkan Bisnis ke Skala Lebih Besar

Saat ingin melakukan ekspansi bisnis, modal menjadi salah satu hal yang sangat penting. Dengan adanya legalitas perusahaan, akses Anda untuk mendapatkan mdal akan lebih mudah baik dari bank maupun dari investor baru dan itu berpengaruh pada aktivitas ekspansi bisnis bagi perusahaan Anda.

5.       Kredibilitas Bisnis Meningkat

Legalitas akan berpengaruh pada kepercayaan konsumen, rekan bisnis, supplier, investor, bank, dan lainnya kepada perusahaan Anda. Semakin dipercaya bisnis Anda, maka akan semakin banyak orang-orang yang loyal dengan bisnis Anda baik dari produknya maupun perusahaannya itu sendiri.

Selain itu, dengan kredibilitas yang tinggi, Anda akan lebih mudah mendapatkan proyek-proyek ke depannya baik itu dari swasta maupun pemerintah. Maka dari itu untuk meningkatkan kepercayaan publik kepada perusahaan Anda, ada baiknya Anda pastikan mimiliki dokumen legalitas yang jelas.

6.       Penjualan Saham Lebih Mudah

Akan sangat menguntungkan untuk kedepannya terlebih jika bisnis Anda berhasil. Apabila Anda ingin keluar dari perusahaan Anda, Anda akan mudah untuk menjual saham kepada pemegang saham yang baru. Oleh karena itu walau dalam pengurusannya menggunakan biaya, dokumen legalitas sangat layak untuk Anda perjuangkan.

7.       Kemudahan Fasilitas Pembayaran

NPWP dalam bisnis dapat bermanfaat untuk kemudahan melakukan peminjaman modal usaha baik kepada investor maupun kepada lembaga keuangan. Karena dokumen legalitas tersebut adalah bukti bahwa bisnis Anda benar adanya dan mukan modus baru penipuan. Hal ini dilakukan oleh para pemberi modal dikarenakan maraknya penipuan yang terjadi di tengah masyarakat.

Keuntungan Ketika Bisnis dengan Legalitas

Dengan adanya legalitas bagi bisnis Anda, akan membantu perkembangan bisnis Anda menjadi lebih cepat. Adanya legalitas usaha akan menunjukkan bahwa perusahaan Anda adalah perusahaan yang taat hukum. Walau harus diakui untuk mengurus legalitas usaha memerlukan biaya yang tidak kecil, tapi hal itu sebanding dengan manfaat dan pencegahan kendala yang akan dihadapi di masa yang akan datang.

Kerugian Ketika Bisnis Tanpa Legalitas

1.       Merek Produk Bisa Digunakan Pihak Lain

Bayangkan jika Anda yang telah susah payah melakukan riset produk dan kualitasny, ternyata merek  produk Anda malah ditiru bahkan diambil legalitasnya oleh pihak lain. inilah bahaya serta kerugian yang mungkin akan Anda hadapi jika tidak mengurus legalitas usaha.

2.       Susah dalam Memperluas Jaringan Bisnis

Sebuah brand yang sudah legal akan lebih mudah untuk promosi dan dari promosi dapat memperkuat jaringan bisnis Anda. Akan tetapi ini tidak akan berlaku bagi yang tidak memiliki dokumen legalitas.

3.       Kurangnya Profesionalitas dalam Bisnis

Tentu dalam melakukan kerja sama, semua orang ingin memilih jalur yang aman dan legal. Dengan tidak adanya dokumen legalitas, Anda akan dinilai tidak professional oleh rekan bahkan lawan bisnis Anda.

Baca juga: Penetapan tentang Produk Impor

Demikian kapan dan alasan pentingnya untuk mengurus legalitas bisnis bagi perusahaan Anda. Semoga informasi kami bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk berkunjung ke situs kami untuk mendapatkan informasi terkait lainnya di simanjuntaklaw

Post Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About S&P Law Office

S&P are passionate about helping our clients through some of their most challenging situations. We take a practical approach to your case, and talk with you like a real person. With each and every client, we aim to not only meet, but to exceed your expectations.

Recent Post

error: Content is protected !!