S&P Law Office

Empat Tahap S&P Law Office Menyusun Jawaban Hukum yang Praktis dan Akurat

S&P Law Office - News

Oleh: Tim Publikasi Hukumonline

Menulis merupakan satu kemampuan mendasar yang harus dimiliki oleh setiap lawyer, baik untuk tujuan sosialisasi, penegakan hukum, maupun filter informasi hukum yang akurat kepada masyarakat.


Founding & Managing Partner S&P Law Office, Timoty Ezra Simanjuntak bersama Chief Content Officer Hukumonline, Robert Sidauruk. Foto: Kreatif.

Pada dasarnya, eksistensi sebuah kantor hukum tak hanya ditentukan dari sejauh mana bisnisnya mampu berkelanjutan. Ada hal yang tak kalah penting yaitu memberikan manfaat bagi sekitar. Hal ini diamini oleh Founding & Managing Partner Simanjuntak & Partners Law Office (S&P), Timoty Ezra Simanjuntak, dalam satu sesi wawancara dengan Hukumonline, Rabu (15/11).

Gagasan bahwa kantor hukum juga harus mencerdaskan banyak orang lantas memanggil S&P untuk berkontribusi sebagai Mitra Klinik Hukumonline. Apalagi menulis juga merupakan satu kemampuan mendasar yang harus dimiliki oleh setiap lawyer, baik untuk tujuan sosialisasi, penegakan hukum, maupun filter informasi hukum yang akurat kepada masyarakat.

“Edukasi itu penting untuk mencerdaskan bangsa dan memberi manfaat bagi banyak orang. Kalau dilihat dari kantor hukum, edukasi juga merupakan salah satu bentuk pemberian bantuan hukum cuma-cuma (pro bono) sesuai standar dari S&P,” kata Ezra.

Selain menjadi Mitra Klinik Hukumonline, S&P Law Office juga secara rutin membangun kerja sama untuk penyelenggaraan pelatihan tentang hukum kekayaan intelektual. Sasarannya, adalah perusahaan rintisan dan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Perihal pelatihan, Ezra mengungkapkan bahwa penyusunan modul dibuat secara mendalam dan menyeluruh. Menurutnya hal ini penting, sebab jika bicara soal praktik di lapangan, ada banyak kasus yang justru tidak sesuai dengan regulasi maupun teori.

“Kami berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menyasar para pelaku usaha. Dengan pendekatan yang lebih fresh, luas, dan tentunya dapat diaplikasikan dengan baik, kami berharap para pelaku usaha tidak hanya dapat memahami HKI secara teoretis, tetapi juga dapat memahami dan mencari solusi jika ada kondisi yang tidak sesuai dengan fakta lapangan,” Ezra menambahkan.

Standarisasi Penulisan Klinik Hukumonline


S&P Law Office bersama Manager Klinik Hukumonline, Tri Jata Ayu P. Foto: Kreatif.

Setidaknya ada empat tahap dalam proses penulisan konten Klinik Hukumonline. Pertama, proses evaluasi pertanyaan. Pada tahap ini, biasanya partner sudah memiliki gambaran tersendiri soal analisis materi berikut referensi yang akan digunakan. Kedua, barulah tahap penulisan yang melibatkan proses pembuatan struktur jawaban, pengembangan dan pengolahan, hingga editing tata bahasa. Ketiga, menyelaraskan dengan artikel-artikel serupa atau relevan yang ada di Hukumonline. Pada bagian ini, S&P berupaya untuk memahami standar penulisan jawaban sekaligus mencari referensi untuk mendukung jawaban. Keempat, agar jawaban yang dihasilkan tidak hanya bermutu secara teoretis, S&P juga meminta narasumber lain—biasanya klien yang mengalami situasi serupa—untuk memberikan gambaran kepada pembaca tentang situasi sebenarnya yang terjadi di lapangan.

“Kadang secara teori atau akademis, kita mungkin bisa bicara banyak. Namun, hal ini kadang tidak sesuai dengan fakta lapangan. Kami ingin membagikan jawaban yang tidak hanya berkualitas dan akurat dari sisi hukum, tetapi juga praktikal,” ujar Ezra.

Senada dengan Ezra, Associate S&P Law Office, Ahmad Zaim Yunus menjelaskan, untuk menghasilkan jawaban berkualitas, S&P memang membiasakan para lawyers untuk banyak membaca buku. Dari sana, diharapkan lawyer bisa mendapatkan pengetahuan, referensi, memahami kerangka berpikir para penulis dalam melihat suatu kasus, hingga kosakata baru. Budaya yang demikian, lanjut Zaim, punya kontribusi banyak dalam proses penulisan jawaban Klinik Hukumonline.

“Budaya membaca ini membuat lawyer tajam dalam melihat suatu kasus. Kami selalu menganggap bahwa pengetahuan memang harus di-update terus-menerus, sementara riset juga harus dipertajam lewat banyak sumber. Itu sebabnya kami harus selalu baca buku, dan ilmu ini, kan, tidak pernah selesai,” kata Zaim.

Sebagai boutique law firm, S&P tidak mematok diri untuk berpraktik hanya di area litigasi atau kekayaan intelektual. Ezra mengatakan, selama memiliki pengalaman dan kualitas mumpuni, upaya edukasi akan dilakukan kepada banyak pihak, baik itu klien, mahasiswa, atau publik. Dilansir dari situs resminya, S&P berpengalaman di bidang pertanahan, kekayaan intelektual, serta telah menangani banyak transaksi terkait bisnis dan hukum, termasuk perdata, pidana, kepailitan, administrasi negara, hingga financial crime & fraud.

Berkat kualitasnya, awal November 2023, S&P Law Office tercatat sebagai ‘Mitra Klinik Law Firm Terbaik Kategori Spesialisasi Start Up dan UMKM’ dalam Hukumonline Legal Clinic Awards 2023. Manager Klinik Hukumonline, Tri Jata Ayu P. menerangkan, Hukumonline Legal Clinic Awards 2023 merupakan apresiasi untuk para mitra Klinik Hukumonline atas kontribusi mereka dalam membangun masyarakat yang semakin melek hukum.

“Salah satu keunggulan S&P adalah mengambil topik yang tidak biasa, yaitu startup dan UMKM. Ini merupakan penyelenggaraan yang keempat, juga bentuk apresiasi kami kepada para mitra. Kami sangat senang mendapatkan mitra seperti S&P dengan kualitas jawaban yang sebaik itu,” kata Ayu.

Menanggapi masuknya S&P Law Office dalam kategori ‘Mitra Klinik Law Firm Terbaik Kategori Spesialisasi Start Up dan UMKM’, Ezra pun menyampaikan rasa terima kasihnya.

“Penghargaan ini sangat bagus, karena tidak dapat dimungkiri, kalau tidak ada Hukumonline, orang juga tidak punya referensi yang baik. Di sisi lain, kita sebagai lawyer juga akan kesusahan baik dari sisi publikasi maupun branding. Ini sangat penting untuk law firm yang masih muda. Untungnya, Hukumonline dapat mengakomodasi hal ini,” pungkas Ezra.

Artikel ini merupakan kerja sama antara Hukumonline dengan S&P Law Office.

Sumber: Empat Tahap S&P Law Office Menyusun Jawaban Hukum yang Praktis dan Akurat

Post Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About S&P Law Office

S&P are passionate about helping our clients through some of their most challenging situations. We take a practical approach to your case, and talk with you like a real person. With each and every client, we aim to not only meet, but to exceed your expectations.

Recent Post

error: Content is protected !!